Selasa, 10 Desember 2013

Just for Dokter Galak




   
Judul buku   :  Patch Adams
Penulis         :  Patch Adams M.D. bersama Maureen Mylander
ISBN             :  978979243827727
Penerbit      :  Bentang Media Pustaka
Tebal            :   306

Saat kau mencurahkan hatimu pada mimpimu,
tak ada cita-cita yang berlebihan
Saat kau berharap meraih bintang,
Mimpimu menjadi nyata
Ned Washington dan Leigh Harline- Pinocchio –
( Patch Adams 160)

Buku ini termasuk deretan buku favorit saya. Sebuah kisah dari dokter yang idealis, dan mendidikasikan seluruh kehidupannya untuk pengobatan gratis. 

Patch Adam adalah novel biografi motivasi.  Seseorang jenius yang menggunakan hatinya selalu dipenuhi  keajaiban. Dalam buku ini Patch mengajak mendefinisikan ulang hubungan dokter-pasien. Dalam perkuliahan yang diterima Patch di kedokteran, Patc diajarkan “Etika menjaga jarak, bahkan beberapa mahasiswa ditegur oleh dosen saat menunjukkan empati pada rasa sakit pasien.  Bahkan ketika Patch Adam mengambil program spesialis, interaksi dengan pasien semakin dibatasi. (hal 44-45)

Patch Adam adalah sedikit dari ribuan atau jutaan dokter di dunia yang “benar-benar berdedikasi menolong pasien”. Patch bahkan sering berpakaian badut ketika bekerja, demi menyenangkan dan bisa lebih dekat dengan pasiennya. Patch juga mengagendakan ke rumah pasiennya untuk melihat perkembangannya. Berlebihan kah ? Tetapi bagaimanakah jika Anda menjadi orang miskin, kemudian ada dokter yang merawat putra Anda datang kerumah Anda, dan menanyakan keadaannya?

Pada akhirnya Patch menciptakan sistim penanganan kedokteran mandiri.  Semudah itu?? Tentu saja tidak, Banyak dokter termasuk dosennya sendiri menentang. Tetapi Patch berhasil mendirikan Gesundheit Institute, klinik pengobatan yang menerapkan sistim pendekatan hubungan personal. Mengaplikasikan gambaran dokter-dokter idealis seperti dalam mimpinya. Semua butuh perjuangan dan pengorbanan besar, karena selain sebagai rumah sakit yang ramah, pengobatan di gesundheit diberikan cuma-cuma.

Foto-foto didalam buku ini menarik, Anda pernah membayangkan para dokter berpakaian badut mengunjungi rumah sakit ? Eksentrik bukan. Plus mereka melakukannya tidak hanya sebagai “perayaan” melainkan pelayanan, tak heran jika auranya begitu menyentuh.

Quote di dalam buku ini juga mengena dan pas. Tentu saja, dalam menuliskan buku ini Patch tidak sendiri, Patch didampingi seorang penulis  Maureen Mylander. Sebuah biografi yang menyentuh diolah tangan yang pas akan menginspirasi.   

Kisah-kisah didalam buku ini tidak melulu perjuangan keras  banyak kekonyolan-kekonyolan tingkah Patch Adam, yang membuat pembaca tersenyum. 

Sebagai terjemahan, buku ini mudah dipahami namun sedikit kaku. Terkadang harus berhenti sejenak untuk berpikir. Namun secara keseluruhan bermanfaat dan menginspirasi. Tampak penggarapannya all out, dan  layak dibaca. Mungkin jika Anda memiliki saudara atau tetangga dokter yang “Galak’ atau “mahal kata-kata” ada baiknya diberi kado  Patch Adam.

Semoga bermanfaat,.., just sharing.
               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar