Selasa, 04 Maret 2014

Tentang Sahabat



Judul        : Persahabatan
Editor       : Heidi Saputra
Penerbit  : Kharisma Publishing Group
Tahun      : 2014
Halaman : 32 Halaman

Tema Persahabatan tidak pernah akan usang. Tidak hanya untuk kalangan anak-anak, bagi para ABG, dan dewasa pun cerita persahabatan selalu menarik. Jika cerita persahabatan basi, tentu saja FB, Twitter, Line serta bebagai  jejaring sosial lain pasti kolaps.


Setiap ibu pasti menginginkan anaknya bergembira, mempunyai banyak sahabat, mampu berempati serta menikmati seluruh seluruh interaksi mereka dengan teman-temannya. 

Seluruh isi buku ini, adalah tentang persahabatan, mulai dari difinisi sahabat, apa yang harus dilakukan dalam persahabatan, serta kejadian-kejadian dalam persahabatan. 

Untuk anak-anak yang sedikit manja,  agak egois, anak tunggal, buku ini perlu. 
Bentuk penyampaian adalah nasehat yang “to the point” langsung ke inti masalah. Misalnya : “ Persahabatan adalah bergembira bersama-sama apabila melakukan perbuatan lucu. Kamu merasa bergembira apabila temanmu bergembira. Bersendau gurau lebih baik daripada saling mengejek.”

Tetapi sayang, pengarang tidak mengklasifikasikan tulisan berdasarkan misinya. Karena tiap halaman tidak mempunyai makna yang sama, akan lebih mudah diserap anak-anak jika penulisannya dikelompokkan. Semua misi tercampur acak. 

Buku ini pilihan Tic-Tac, karena itu saya yakin Tic Tac (anak saya) bisa memahaminya dengan baik. Terbukti buku ini terus saja dibawanya kesana-kemari. 

Saat berada di etalase Ilustrasi cover, terasa berbeda dengan sekitarnya “lebih meng-ABG”. Tetapi, mungkin karena Tic-Tac anak bungsu, jadi memilih cover yang lebih gede dari umurnya.

Ada satu pertanyaan saat membaca buku ini, baik sebagai pereview, juga sebagai orang tua si kecil. Mengapa tidak disebutkan nama Penulis? Hanya terdapat nama editor pada tempat yang biasanya disemat nama penulis? Bagi saya selaku orang tua pembaca (anak), menyematkan nama penulis itu perlu, meskipun hanya nama samaran. Karena penulislah yang bertanggung jawab terhadap apa yang ditulis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar