Jumat, 14 September 2012

Bisnis Express



Judul          : 80 Bisnis Laris Balik Modal 1 tahun
Penulis       : Alistiorini dan Bambang Suharno
Penerbit     : Penebar Plus
Halaman    : iv + 300 
Cetakan I,  2011
        
Memulai bisnis dengan modal pinjaman atau hutang, memicu stress, namun juga tantangan, dan meningkatkan adrenalin, bagi mereka yang menyukai kompetisi. 

Meskipun pihak Bank sudah menetapkan bahwa asset perusahaan min 70% dari seluruh pinjaman, kenyataannya banyak pengusaha yang melakukan berbagai manipulasi data, untuk mendapatkan kucuran dana. Walau ketetapan (70%) tersebut hakekatnya membantu pengusaha mengukur kekuatan, supaya tidak terbelit hutang yang akhirnya juga merugikan kedua belah pihak.

Berbagai kendala yang muncul tersebut, pada dasarnya mengacu pada satu masalah mendasar, bahwa usaha yang dimiliki oleh wirausahawan yang bukan sekedar sampingan, harus memiliki kecepatan perputaran yang dinamis. 

Pertumbuhan usaha yang cepat menuju break event, adalah wajib! Terutama bagi pemakai modal pinjaman. Buku yang ditulis oleh Alistiorini dan Bambang Suharno ini, layak menjadi modul sebelum menentukan dan memilih usaha.

Dan ketika Anda telah memulai usaha, Anda bisa menggunakannya untuk panduan pencapaian target, ya, buku ini telah dilengkapi asumsi pendapatan perbulan yang realistis hingga masa BEPSeperti pada analisis warung Bakso Keju, dengan 10 meja dan 40 kursi, Alistiorini mengasumsikan pendapatan pada bulan pertama sebanyak 250 porsi atau 8 mangkuk perhari untuk bulan pertama. Realistis bukan? 

           Ada 80 macam usaha yang dirokemendasikan, mampu balik modal dibawah 1 tahun mulai dari Kedai Seafood, Jasa Fotocopy, Butik dan Kursus Batik, Travel Agent, hingga Jasa Pembuatan Web Site.

Peluang selalu ada, meskipun pada tiap daerah mempunyai besar yang berbeda, karena kondisi kultur, dan penghasilan tiap daerah juga berbeda. Dan keseluruhan peluang dan habitatnya digambarkan dengan jelas sehingga membantu pemetaan untuk pengusaha pemula.

Didalam buku ini juga terdapat langkah-langkah bayi menuju bisnis yang kita tuju, mulai dari mencari tempat, hingga mencari SDM. Termasuk juga strategi-strategi yang harus kita mainkan, pada masing-masing usaha. Menjadikan buku ini praktis dan tidak melulu berkutat pada teori-teori.

Buku Allistiorini dan Bambang Suharno ini, menjelaskan pula kendala yang mungkin timbul dan inovasi yang harus dibangun dalam bisnis. Sehingga Anda tidak perlu meraba-raba dan maju-mundur sebelum menentukan pilihan.

Meski buku ini memancing kreatifitas, tetap saja, Anda harus terus bergerak, karena kreatifitas bukan konseptual. Dan kreatif adalah menjadi diri Anda. Menjadikan Bisnis bercorak Anda!!
 Selalu ada kemudahan dan rintangan dalam bisnis,..tapi jangan khawatir karena ada tips sukses didalamnya. Sehingga Anda tinggal melakukan pengembangan.
Setelah membaca buku ini, pembaca akan mempunyai gambaran umum mengenai bisnis yang dituju. Serta titik BEP sehingga mampu mempersiapkan langkah-langkah kedepan dengan matang.
Tunggu apalagi?? Pilihlah usaha Anda
 (Aisyah Fad)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar